Mahluk apa itu ya..? Apakah Google buka warung kopi baru untuk menyaingi kehebatan Starbuck? 🙂 Begini.. tanggal 8 Juni 2010, mbah Google mengeluarkan sistem index pencarian terbaru bernama Caffeine. Sistem ini menurut Google Blog memberikan hasil pencarian 50% lebih fresh dibandingkan dengan sistem yang lama. Survei juga dilakukan oleh  Ben Parr, menurutnya Caffeine mempunyai keunggulan dalam hal kecepatan dan keakuratan. Trus.. gimana cara kerjanya om..?

Tentunya sistem ini tidak bisa kita lihat dalam search engine Google, namun kita hanya bisa merasakannya saja. Walaupun untuk beberapa orang mungkin tidak begitu merasakan hal ini, kalau tidak membaca artikel ini :). O..iya, dengan sistem yang baru ini selain pencarian yang lebih fresh, Google juga menawarkan konten web terbesar yang pernah ada. Konten apapun yang dicari hasilnya akan menyuguhkan link-link yang relevan dengan keyword yang ditulis. Beginilah sistem index Caffeine bekerja:

Google CaffeineSistem index yang lama menggunakan beberapa layer/lapisan, lapisan utama akan di-update setiap dua minggu dan untuk me-refresh pada sistem yang lama diperlukan pencarian ke seluruh web yang ada, sehingga ada waktu tunda yang signifikan sampai pada akhirnya hasil pencarian muncul.

Dengan Caffeine, mereka menganalisa web pada porsi yang kecil dan terus-menerus memperbarui index pencarian. Begitu menemukan halaman atau informasi baru langsung ditambahkan pada index, yang berarti kita dapat mendapatkan informasi atau hasil yang lebih fresh, tidak peduli kapan atau dimanapun informasi tersebut diterbitkan.

Ok.. kita tunggu inovasi-inovasi lain dari si mbah Google supaya cucu-cucunya tambah sayang dan makin sering bersilaturahim ke rumahnya ;).