Ide mencari artikel tentang peningkatan traffic blog ini datang karena ada blog baru yang saya terima ini. Saya mencoba mengumpulkan artikel ini dari para pakar peningkatan traffic yang di dapat dengan googling, pada hari Jum’at, 28 Mei 2010 pukul 3.50 WIB, mengetikkan keyword – tips meningkatkan traffic blog – (tanpa tanda kutip), menghasilkan 333.000 hasil tulisan, dan 4 (empat) blog peringkat teratas dihalaman pertama adalah ..

  1. http://alidabdul.wordpress.com/
  2. http://rohaditerate.blogspot.com/
  3. http://www.bambosi.com/
  4. http://newreil.com/

Menurut pendapat saya, ada dua bagian dalam tips peningkatan traffic blog. Bagian tersebut adalah tahap dasar dan tahap mahir. Saya membagi ini bukan berarti untuk tahap dasar tidak boleh menerapkan tips-tips pada tahap mahir, hanya saja terkadang beberapa istilah SEO (search engine optimization) pada tahap mahir yang bisa membuat bingung blogger-blogger pemula (seperti saya), sehingga niat untuk menjadi blogger sejati menjadi berkurang.

Tahap Dasar

Pada tahap ini selain lebih mudah untuk diaplikasikan dan tidak njlimet (apa bahasa indonesianya ya..). Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Posting tulisan yang sedang banyak diperbincangkan

Topik-topik tulisan yang sedang seru-serunya dibahas pasti akan banyak dicari pengunjung di internet. Observasi bisa dilakukan dengan mencari 10 kata jkunci teratas (top keyword), yang bisa dicari pada serach engine seperti Google, Yahoo, dll.

  • Blog Walking atau kunjungi blog-blog lain, dan tinggalkan komentar.

Ada semacam aturan tidak tertulis dalam dunia blog (blogoshpere) bahwa ketika blog kita dikunjungi oleh blogger lain dan meninggalkan komentar (yang berkualitas), maka kita wajib melakukan hal yang sama kepada blog pengunjung tersebut. Untuk aktivitas yang satu ini, jangan lupa untuk mengisi semua form yang disediakan terutama alamat URL (personal blog) agar si pemilik blog bisa mengunjungi kita di lain waktu.

  • Update blog secara kontinyu dan konsisten. Aktivitas ini meliputi:
    1. Update tulisan/artikel terbaru, usahakan hal ini dilakukan seminggu sekali (misalnya pada setiap hari Sabtu) atau lebih baik bila kurang dari seminggu, yang penting konsisten agar lebih mudah ter-indeks search engine dan pengunjung blog juga paham kapan harus mengunjungi blog Anda lagi. Dalam menulis sebenarnya kita bisa menulis apa saja asalkan tidak mengandung masalah SARA, yang penting jangan sampai kita tidak menulis karena merasa tulisan kita tidak berkualitas. Kita tidak tahu tulisan mana yang dibutuhkan oleh pengunjung blog, asalkan menulis sesuatu yang baik pasti akan bermanfaat.
    2. Berikan balasan komentar untuk setiap tanggapan yang masuk ke blog pribadi kita. Jangan sampai mereka (pengunjung blog) merasa disepelekan, dicuekin, apalagi patah hati, karena komentar yang dia berikan tidak ada tanggapan sama sekali, karena Anda akan menyesal kehilangan pengunjung. Usahakan waktu luang setiap hari (tidak harus berlama-lama), untuk memantau blog kita. “hitung-hitung belajar jadi selebriti kan..:)“.
  • Buatkan blogroll

Buatlah blogroll untuk blogger-blogger yang sudah kita kenal dan sudah saling mengunjungi, agar akses menuju blog yang bersangkutan bisa lebih cepat.

  • Fokus dan konsisten pada tema blog yang sudah dipilih sejak awal, agar supaya tidak membingungkan pengunjung blog Anda, dan hal ini juga akan mempermudah search engine mengiindeks blog kita.
  • Percantik tampilan tulisan dan blog.

Agar pengunjung bisa betah berlama-lama membaca di blog kita, jangan lupa untuk mempercantik tampilan setiap tulisan yang kita upload, seperti besar kecil huruf, format penulisan, atau bisa diselipkan gambar. Untuk tips-tips wordpress bisa dilihat di blog milik Pak Fatih Suhud (link).

  • Bergabung dengan situs jejaring sosial

Jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, MySpace, dll. Akan memudahkan kita menambah teman. Tempatkan link blog pribadi pada profil atau tempat lain yang memungkinkan disetiap akun jejaring sosial yang kita miliki.

  • Bergabung dalam forum dan mailing list

Saat ini banyak sekali forum dan mailing list dengan berbagai tema di dunia maya. Usahakan bergabung dengan forum yang memiliki tema yang sama, selain ada mendapat tambahan ilmu, sharing ide juga traffic dari sana akan berdatangan.

  • Belajar SEO (search engine optimization)

Untuk mendapatkan traffic dari search engine, SEO mutlak diperlukan. Perdalam kemampuan optimasi konten dengan belajar SEO ke blog-blog yang tenar dan sudah terbukti kehebatan ilmu SEO-nya. Lebih jauh ilmu SEO ada di bahas dalam tahap mahir.

Untuk tips peningkatan traffic blog tahap dasar cukup sekian dulu, masih ada tips untuk tahap mahir, namun untuk sementara ini belum bisa saya upload mengingat saya juga belum begitu paham dan belum diaplikasikan.

Ditunggu komentar dari rekan-rekan semua dan yakinlah dengan melakukan hal-hal di atas secara konsisten, Anda akan kedatangan banyak pengunjung. Siap-siap cari asisten ya ..

Bersambung.

Tulisan diatas dapat diunduh disini.