Maka mari Menyambung tulisan Pemanasan Global? Hentikan! pada tulisan terdahulu yang sudah dijelaskan definisi pemanasan global, penyebab sampai dengan dampak negatif yang ditimbulkannya (saya pikir tidak ada dampak positifnya 🙂 ). Saya pikir tidak bijak seandainya kita tidak berbicara bagaimana mengurangi dampaknya, karena tidak mungkin kita bicara pencegahan kalau hal yang ditakutkan sudah terjadi.

Segala sesuatu berawal dari diri kita, kita tidak akan bisa merubah apapun atau siapapun kalau kita sendiri belum melaksanakan perubahan tersebut 😉 (tarik nafas panjang…), action less do more slogan dari salah satu iklan di TV. Jadi karena saya sudah mencobanya dalam keseharian, walaupun belum semuanya :), paling tidak saya sudah membantu ikut memperpanjang umur bumi kita tercinta ini.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk bisa meminimalisir dampak/efek negatif dari pemanasan global dalam keseharian kita, ada 20 poin yang bisa kita kita lakukan. Ayoo.. kita lihat satu persatu:

  1. Carilah sumber energi altenatif yang tidak menghasilkan emisi CO2, seperti tenaga matahari, air, dan angin.
  2. Matikan peralatan listrik jika tidak digunakan.
  3. Gunakan lampu hemat energi.
  4. Lakukan uji emisi dengan benar terhadap kendaraan bermotor untuk mengurangi pembuangan gas karbon serta dapat menjaga lingkungan dan menghemat bahan bakar.
  5. Hindari penggunaan suhu AC maksimal.
  6. Hemat dalam menggunakan air, misalnya jangan meninggalkan air dalam keadaan menetes.
  7. Hindari posisi stand by pada peralatan elektronik.
  8. Matikan lampu yang tidak terpakai.
  9. Matikan oven/microwave beberapa saat sebelum waktunya.
  10. Tanam pohon setiap ada kesempatan.
  11. …… yang ke 11 dan seterusnya ada di DOC dan PDF ini.

Saudara-saudaraku sekalian.. Berbicara tentang pemanasan global, kita sudah tidak lagi bicara antara aku dan kamu, atau negaramu dan negaraku tapi ini adalah permasalahan bersama.. masalah BUMI kita.. mari kita jaga demi anak-anak cucu kita. Tetap semangaattt!

Note: