Seiring dengan peningkatan pengguna internet di dunia dan di Indonesia pada khususnya yang mencapai lebih dari 30 juta pengguna di indonesia pada tahun 2009 dan lebih dari satu milyar total pengguna  di dunia, maka hal ini merupakan pasar potensial baru yang perlu digarap secara serius. Ya.. bisnis online, bisnis yang dilakukan menggunakan internet sebagai media perantara. Konsepnya hampir sama dengan bisnis pada umumnya yang sering kita lihat atau bahkan kita lakukan atau bisa disebut bisnis offline.

Bagi para pebisnis seharusnya peluang ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, ada banyak sekali produk yang bisa kita tawarkan di internet. Hal utama yang harus diperhatikan dan secara konsisten dan disiplin dijaga adalah kepercayaan (trust), walaupun dalam bisnis offline kepercayaan juga sangat penting. Kenapa? Karena para konsumen kita tidak melihat secara langsung produk yang kita jual. Mereka hanya melihat gambar-gambar produk/jasa yang kita tawarkan, sehingga kalau konsumen merasa belum yakin terhadap kita, karena kurangnya informasi yang diberikan pada toko online kita, maka lebih baik mereka mencari penjual yang lain yang lebih transparan. Maka dari itu ilmu personal branding sangat diperlukan disini 😉 .

Lebih lengkap tentang seputar bisnis online ada dalam slide show 1 dan kelanjutannya slide show 2. Monggo.. bisa langsung diunduh. Terima kasih.