Pelaksanaan Muktamar ke 46 yang juga memperingati 1 Abad Muhammadiyah pada tanggal 3 – 8 Juli 2010 di Yogyakarta, berpusat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, akan menjadi kenangan tersendiri yang bisa diceritakan kemudian hari. Even Muktamar Muhammadiyah merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali yang akan memilih pengurus-pengurus baru untuk periode mendatang. Sekain itu muktamar dijadikan sebagai ajang akbar pertemuan antar anggota Muhammadiyah se-Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia, menjadi pusat kegiatan muktamar Muhammadiyah pada tahun ini, setelah periode sebelumnya dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang. Dilaksanakannya muktamar di UMY merupakan suatu kebanggaan tersendiri mengingat UMY diberi kepercayaan untuk menerima 5000 muktamirin dan lebih dari 15.000 orang penggembira, bahkan Pak Herry Zudianto, Walikota D.I. Yogyakarta, yang merupakan Ketua Panitia Pusat Muktamar Muhammadiyah ke 46 ini sempat mengkhawatirkan terjadi kemacetan di Kota Yogyakarta karena kegiatan ini bersamaan dengan acara libur sekolah sehingga banyak sekolah-sekolah yang masih mempercayai Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata.

Kegiatan muktamar itu sendiri memberi banyak nilai tambah untuk kampus UMY, seperti ajang promosi besar-besaran dan juga gratis kepada masyarakat di seluruh Indonesia, karena akan secara otomatis akan banyak media massa meliput kegiatan akbar ini. Kemudian adanya Sportorium UMY yang baru diresmikan oleh Bapak Din Syamsudin pada tanggal 29 Juni 2010 lalu, memberikan ‘pemandangan baru’ yang melengkapi bangunan gedung/fasilitas yang dimiliki UMY. Bahkan, masyarakat di sekitar UMY juga ikut merasa bangga akan hadirnya sportorium yang ditunjukkan dengan antusisme masyarakat melihat-lihat areal sportorium pada sore hari sambil mengajak keluarganya turut serta.

Terlihat pula geliat ekonomi disekitar kampus UMY yang tiba-tiba saja bermunculan warung-warung baru, jasa sewa mobil, dan tempat usaha yang disewakan, ini seperti jamur tumbuh pada musim hujan. Lepas dari itu semua kita berharap bahwa pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat sebagai salah satu sumbangsih Muhammadiyah kepada Negara Indonesia tercinta. Amin

note: details