Beberapa hari yang lalu saya ditanya seperti ini “Mas, gimana caranya sih link domain blog-nya naik cepat banget?” he..he.. sebenarnya saya bukan orang jago SEO (search engine optimization) atau optimisasi mesin pencari, cuma kalo ditanya saya jawab saja karena kebetulan saya sedikit tahu 🙂 . Sebelum Anda lebih jauh membaca tulisan ini ada baiknya kalo membaca juga tulisan saya tentang tips meningkatkan traffic (pengunjung) blog.

Oke.. lanjut ya.. Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika mempunyai blog ini. Dari sekian banyak tips peningkatan traffic, blogwalking atau jalan-jalan atau silaturahmi adalah jawaban pertanyaan di atas. Silaturahim adalah kegiatan berkunjung ke rumah teman, saudara, atau kerabat. Kegiatan positif ini selain mempererat persaudaraan juga banyak nilai positif yang didapatkan, antara lain:

  1. Tambah ilmu karena kita kita harus membaca sebelum memberikan komentar yang baik, karena hanya komentar yang baiklah yang akan mendapatkan lebih banyak feedback dari pemilik blog yang kita kunjungi.
  2. Memperbanyak teman/saudara, setelah saling memberikan komentar, kita akan semakin mengenal pemilik blog.

Beberapa tips dalam melakukan blogwalking agar mendapatkan komentar balik, saya rangkum dalam file ini dan itu. Siap-siap menerima kunjungan, dan jadilah tuan rumah yang baik 🙂