Ketika mindset one day one post sudah terpatri di dalam diri, maka hampir di setiap gerak, langkah, kegiatan yang kita lakukan akan selalu mengarah kepada pikiran apa yang bisa saya tulis dari setiap kegiatan tersebut, apa yang bisa kita bagi kepada pembaca setia blog kita, yang pasti tulisan tersebut harus sesuatu yang bermanfaat dan banyak dibutuhkan para pembaca yang budiman.

Beberapa tips berikut bisa digunakan sebagai referensi, bagaimana membagi waktu untuk tetap fokus nge-blog.  bahkan mendapatkan ide-ide menulis (karena terkadang dalam keheningan menulis seringkali kita dapatkan ide tulisan posting berikutnya). Tips berikut saya kutip dari anawia.com, terus ikuti saya menuju TKP ya..

1. Ngeblog dari rumah

Melakukan blogging Anda dari rumah karena ada bahwa Anda memiliki total kontrol atas gangguan Anda. Cari tempat yang tenang di rumah dan ciptakan suasana senyaman mungkin untuk Anda.

2. Memiliki kemampuan menulis cepat

Jika Anda sedang menulis/mengetik cepat, pikiran Anda tidak punya waktu untuk mengembara. Biarkan mengalir ide-ide dan membuat mereka turun dengan cepat. Jangan beri perhatian Anda dengan ejaan dan kesalahan tata bahasa karena akan mengganggu pikiran Anda. Setelah selesai, barulah lakukan pengeditan yang diperlukan. Banyak penulis profesional menggunakan teknik ini dan merasa sangat membantu.

3. Mendengarkan musik

Beberapa orang yang menemukan diri mereka menjadi mudah terganggu ketika blogging menghidupkan radio atau mp3 player mereka untuk mendengarkan lagu favorit mereka saat menulis. Musik cenderung untuk menjaga pikiran Anda pada tugas, sambil duduk dalam diam sering mati hasil dalam pikiran Anda berkelana.

4. Tetap jauh dari e-mail

Sekali Anda duduk untuk memulai blogging, membuat janji kepada diri sendiri bahwa Anda tidak akan memeriksa email Anda setiap sepuluh menit. Cara terbaik adalah untuk menutup semua jendela di komputer Anda, kecuali untuk yang diperlukan untuk blogging sehingga Anda tidak akan tergoda untuk memeriksa atau menjawab email Anda.

5. Tidak sedang berFacebookan atau Twitteran

Banyak dari kita secara rutin memeriksa Facebook dan Twitter banyak kali di siang hari untuk melihat apa yang teman-teman kita sampaikan. Anda akan berakhir menghabiskan beberapa jam menulis blog agak lurus ke depan posting yang dinyatakan akan membawa Anda lima belas atau dua puluh menit untuk menulis jika Anda memeriksa profil semua orang di FB daripada berkonsentrasi pada tulisan Anda.

6. Diamkan ponsel Anda

Sekali Anda telah memutuskan untuk melakukan blogging Anda, menghilangkan kemungkinan terganggu oleh deringan telepon dengan men-setting telepon selular Anda pada mode diam (mute) atau matikan saja. Siapa pun yang mencoba menghubungi Anda saat Anda sedang menulis dapat meninggalkan pesan suara atau panggilan nanti.

7. Nonaktifkan chat program

Jika Anda suka obrolan online, maka tutuplah program chat tersebut,  atau tampilkan status Anda offline sebagai ‘atau’ sibuk ‘. Anda tidak dapat tetap fokus pada blogging jika jendela IM Anda berkedip setiap beberapa menit. Sekali lagi, teman-teman Anda akan berada di sana saat Anda selesai.

8. Menulis di pagi hari atau larut malam

Ini adalah waktu terbaik untuk melakukan blogging yaitu waktu pagi hari atau larut malam. Ini terjadi ketika ada lalu lintas kurang dan lebih sedikit orang di jalanan di luar jendela Anda. Banyak blogger lebih memilih untuk memulai cerah dan awal dalam keheningan pagi hari.

9. Rapikan meja kerja Anda

Sebuah meja berantakan tidak kondusif bagi produktivitas. Bersihkan ruang kerja Anda dengan menghapus item mengganggu dari meja Anda. Jauhkan area kerja rapi dan menghindari terlalu banyak menyimpan item di meja di depan Anda, sebagai item paling sederhana dapat menjadi sangat mengganggu. Jadikan kebiasaan ini setiap hari sebelum duduk ke dan mengurusi blog anda.

10. Makan dulu dan Jangan Tunda Waktu Makan Anda

Ini harus pergi tanpa berkata, tetapi jika perut Anda menggeram pikiran Anda pasti akan berjalan dengan topik makanan dan tentang apa yang ingin Anda makan. Blogging Makan makan berpengetahuan luas dan bergizi sebelum dan pastikan untuk menyimpan beberapa snack sehat di tangan bila Anda membutuhkannya.

(sumber majalah blogging http://anawia.com/)