Alangkah indahnya dunia ini jika kita mendapatkan jodoh/pasangan hidup yang shalih dan shalihah, insya Allah kita mendapatkan surga di rumah kita dan surga Allah SWT. Namun bagi sebagian besar orang mencari jodoh/pasangan hidup bukan perkara yang mudah, biasanya karena pengalaman pribadinya.

Satu hal yang utama yang harus kita yakini adalah Allah SWT telah berjanji dalam Al-Qur’an Surat An-Nuur ayat 26, yaitu:

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga)

Allah SWT sudah berjanji, tetapi kita sebagai hamba-Nya harus tetap berihktiar memperbaiki diri, agar jodoh yang dinanti sesuai dengan harapan hati dan membawa calon jodoh kita menempuh kehidupan dunia bersama melalui ikatan pernikahan.

Menikah adalah tahapan kehidupan selanjutnya dengan hal-hal baru, tantangan baru, dan tanggung jawab baru. Bedanya kita punya partner yang setia menemani kita menghadapi itu semua. Menikah sebaiknya dilakukan sekali seumur hidup dengan istri/suami pilihan kita, karena menikah adalah komitmen kita kepada pasangan dan Allah SWT. Kenapa? Karena ketika seseorang memutuskan untuk menikah sebaiknya buka sekedar untuk mencari keturunan semata tetapi lebih untuk peningkatan amal ibadah kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa tips dari Bapak dr. Nurcahyo Adikusumo dalam acara Titik Terang ANTV dalam mencari jodoh, antara lain:

  1. Jika kita ingin mendapatkan jodoh maka kita harus berkosentrasi bukan kepada mana yang harus dipilih tapi kosentrasi dengan melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik.
  2. Jangan pernah mengharapkan seseorang untuk jadi seperti yang kita harapkan tapi lebih melihat bagaimana kita menempatkan diri kita terhadap orang lain.
  3. Jika belum memiliki pasangan hidup kita tetap harus memposisikan untuk siap dan berani menanggung segala resikonya dalam membina rumah tangga.
  4. Jangan jadikan traumatik masa lalu sebagai patokan sehingga tidak memberikan solusi ke arah yang lebih baik.
  5. Carilah soulmate sebanyak-banyaknya agar silaturrahim-nya baik.
  6. Jangan pernah menilai, memberi label, dan kesimpulan kepada seseorang karena jodoh atas ridho ALLAH semata, manusia hanya wajib berikhtiar tapi ALLAH SWT yang menentukan segalanya.
  7. Tidak perlu mengkhawatirkan usia, di usia berapapun menikah baik jika kita mau mempertanggung jawabkan pernikahan kita terhadap ALLAH SWT dan pasangan.
  8. Teruslah berdoa karena doa merupakan proposal kita terhadap ALLAH SWT, jangan pernah berprasangka buruk terhadap ALLAH SWT.

Terkadang pada saat mencari jodoh/pasangan hidup, kita sering hanya melihat secara fisik saja, sehingga tidak mendorong seseorang mencari pasangan hidup sesuai dengan tuntunan agama Islam. Padahal bentuk fisik di dunia hanya kamuflase belaka, karena seiring dengan waktu kecantikan, ketampanan, kebagusan akan hilang secara perlahan. Sesuatu yang pasti adalah kecantikan dari dalam hati, karena insya Allah akan abadi sampai akhir nanti.

Semoga bermanfaat.

Doc Version: tips mencari jodoh